Latest News

Thursday, August 27, 2020

5 Cara Memilih Pasangan Hidup Menurut Iman Kristen Yang Paling Sesuai

Tentunya bagi orang Kristen ada beberapa cara memilih pasangan hidup menurut iman Kristen. Sudah tentu hal tersebut tidak sama untuk setiap pribadinya. Tetapi satu hal pasti yang akan satu tujuan, bahwa memilih pasangan hidup harus sesuai dengan kehendak Allah. Sehingga dengan demikian maka hidup rumah tangga tidak akan mengalami masalah dan tidak menjadi batu sandungan. Apalagi jika hidup kekristenan kita merupakan sorotan banyak orang. Maka pilihan pasangan hidup yang tepat tentunya diinginkan banyak pihak dengan cara pacaran menurut iman kristen. Jika merasa penasaran, berikut ini beberapa cara memilih pasangan hidup menurut iman Kristen.

1. Berdoa

Langkah utama yang harus dilakukan oleh umat Kristen saat bergumul tentang pasangan hidup yaitu dengan cara berdoa dalam Roh. Jika perlu sebaiknya berpuasalah. Karena dengan demikian maka akan lebih peka dan dekat dengan tuntunan Allah. Dengan berdoa maka akan lebih mudah memahami apa yang Tuhan mau dalam hidup kita. Termasuk saat menentukan siapa pasangan hidup yang diberikan Tuhan untuk selama hidup kita. Tentunya bukan hal yang mudah. Karena itu selalu usahakan untuk berkomunikasi dengan Allah melalui doa.

2. Mencari Kehendak Allah

Jangan gegabah dan hanya melakukan keinginan diri sendiri. Adalah sangat penting untuk mencari tahu kehendak Allah dalam setiap aspek kehidupan kita. Termasuk siapa pasangan hidup yang Tuhan berikan untuk kita. Oleh sebab itu dekatkan diri kepada Allah supaya paham apa yang menjadi keinginan atau kehendak Allah di dalam hidup supaya memperoleh pasangan hidup yang paling tepat. Dengan memiliki iman akan hal ini tentunya menentukan pasangan hidup akan lebih mudah dan terutama jauh dari asal mula dosa menurut Alkitab yang tidak diinginkan.

3. Tuntunan Roh Kudus

Jangan pernah juga melupakan tuntunan buah-buah Roh Kudus saat berusaha menentukan siapa yang sebaiknya menjadi pasangan hidup selamanya nanti. Karena tentu Tuhan akan memberikan pasangan yang sesuai dengan iman, karakter dan pertumbuhan yang ada. Supaya jangan sampai yang satu tidak dapat menopang yang lain. Padahal firman berkata bahwa sebaiknya pasangan hidup atau suami istri saling membantu satu dengan yang lain supaya keluarga yang dibina cukup baik.

4. Sepadan

Yang lebih penting lagi yaitu selalu pilih pasangan hidup yang sesuai dengan ayat Alkitab tentang bijaksana dalam memilih seperti tertulis pada 2 Korintus 6:14 “Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?” Hal ini menunjukkan dengan jelas bahwa carilah pasangan yang seiman supaya sesuai kehendak Allah. Namun demikian bisa jadi ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu selalu dekatkan diri pada Tuhan dan seperti kata firman, bergaul dengan teman yang baik akan berbuat baik juga. Jika ingin mendapat pasangan seiman maka sebaiknya berada dalam lingkungan yang seiman juga.

Itulah beberapa cara memilih pasangan hidup menurut iman Kristen yang sebaiknya diketahui dengan baik. Karena dengan jalan yang demikian maka janji pernikahan Kristen yang dibina akan lebih baik dan berjalan sesuai firman Allah. Lain halnya ketika memilih pasangan yang tidak seiman atau sepadan. Tentu akan banyak masalah yang muncul di tengah-tengah kehidupan perkawinan. Karena itu selalu lakukan cara berdoa yang benar supaya mendapatkan pasangan hidup yang terbaik dari Allah.

No comments:

Post a Comment