Latest News

Saturday, September 29, 2012

Paulus!

Saulus yang kemudian berganti nama menjadi Paulus:

*Kisah Para Rasul 13:9-10,
Tetapi Saulus, juga disebut Paulus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap dia, dan berkata: "Hai anak Iblis, engkau penuh dengan rupa-rupa tipu muslihat dan kejatan, engkau musuh segala kebenaran, tidakkah engkau akan berhenti membelokkan Jalan Tuhan yang lurus itu?

dulunya adalah seorang penganiaya Jemaat Kris

tus [yang mengikuti Jalan Tuhan]:

*Kisah Para Rasul 8:3,
Tetapi Saulus berusaha membinasakan jemaat itu dan ia memasuki rumah demi rumah dan menyeret laki-laki dan perempuan ke luar dan menyerahkan mereka untuk dimasukkan ke dalam penjara.

. . . .
Tetapi, Puji Tuhan!
Ia telah bertobat [baca kesaksiannya: KPR 9:1-19a; 22:3-16; 26:9-18], dan bahkan di pilih menjadi alat pilihan Tuhan kita, Yesus Kristus:

*Kisah Para Rasul 9:15-16,
Tetapi firman Tuhan kepadanya: "Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel.
Aku sendiri akan menunjukkan kepadanya, betapa banyak penderitaan yang harus ia tanggung oleh karena nama-Ku."

rasul Paulus sendiri dengan beraninya menceritakan tentang kejahatannya di masa lalu:

*Kisah Para Rasul 26:9-11,
Bagaimanapun juga, aku sendiri pernah menyangka, bahwa aku harus keras bertindak menentang nama Yesus dari Nazaret.
Hal itu kulakukan juga di Yerusalem. Aku bukan saja telah memasukkan banyak orang kudus ke dalam penjara, setelah aku memperoleh kuasa dari imam-imam kepala, tetapi aku juga setuju, jika mereka dihukum
mati.
Dalam rumah-rumah ibadat aku sering menyiksa mereka dan memaksanya untuk menyangkal imannya dan dalam amarah yang meluap-luap aku mengejar mereka, bahkan sampai ke kota-kota asing."

Kini, ia telah berjalan mengikuti Jalan Tuhan, sehingga orang Yahudi berencana untuk membunuh ia:

*Kisah Para Rasul 9:23, 29,
Beberapa hari kemudian orang Yahudi merundingkan suatu rencana untuk membunuh Saulus.
Ia juga berbicara dan bersoal jawab dengan orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani, tetapi mereka itu berusaha membunuh dia.

Tetapi maksud jahat itu diketahui oleh Paulus dan saudara-saudara anggota jemaat:

*Kisah Para Rasul 9:24, 30,
Tetapi maksud jahat itu diketahui oleh Saulus.
Siang malam orang-orang Yahudi mengawal semua pintu gerbang kota, supaya dapat membunuh dia.

Akan tetapi setelah hal itu diketahui oleh saudara-saudara anggota jemaat, mereka membawa dia ke Kaisarea dan dari situ memabntu dia ke Tarsus.

Paulus tidak memperkenalkan/membawa agama [nabi dan rasul lain pun], tetapi ia sebagai seorang rasul memperkenalkan keselamatan dari Yesus Kristus.

Paulus juga berprinsip, bahwa: Allah itu Esa.

*I Kornitus 8:4,
Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa."

Lalu bagaimana dengan ajaran menuhankan Yesus:

*Filipi 2:10-11,
supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan
segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Rasul Paulus pastinya paham betul, kalau dikatakannya Yesus juga sebagai Tuhan bukan berarti bahwa ada 2 Tuhan, melainkan Tritunggal itu bukan mengenai jumlah Allah, namun mengenai KEBERADAAN [pribadi] di dalam diri Allah yang Esa tiada berbilang, dan satu tiada bandingan itu.

*Kisah Para Rasul 19:11-12,
Oleh Paulus Allah mengadakan mujizat-mujizat yang luar biasa, bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat.

Haleluya!

Nb:
1. Para ahli tafsir Alquran juga mengakui kerasulan Paulus, bahkan ada diceriterakan tentang pengutusan Paulus di Alquran. Baca: Note 367.

No comments:

Post a Comment